Selasa, 08 September 2015

Pentingnya Fire Alarm System Sebagai Peringatan Dini Atas Musibah Kebakaran

n3060 fire alarm system


Kebakaran merupakan musibah yang bisa datang kapan saja. Biasanya, musibah kebakaran paling sering terjadi pada musim kemarau, dikarenakan cuaca yang panas serta udara yang kering. Baru-baru ini, kita dikejutkan dengan musibah kebakaran yang melanda sebuah daerah di salah satu propinsi di pulau Sumatera. Efeknya jelas, mengganggu kesehatan masyarakat yang terkena limpahan asap. Kegiatan ekonomi dan pendidikan pun turut terkena dampaknya. Penanganan yang berlarut larut membuat Kepala Negara menyempatkan diri untuk meninjau lokasi terjadinya kebakaran, yang selalu terjadi setiap tahun.

Bersyukurlah kita yang tinggal di luar daerah rawan musibah kebakaran tersebut . Pun begitu, bukan tidak mungkin musibah kebakaran menimpa kita. Lalu, bagaimana cara mempersiapkan diri dari musibah kebakaran?

Salah satu cara terbaik adalah dengan memasang fire alarm system. Alat ini bisa berupa smoke detector, atau detektor asap. Alat ini akan mendeteksi asap yang masuk ke dalamnya. Asap memiliki partikel-partikel yang kian lama semakin memenuhi ruangan smoke (smoke chamber) seiring dengan meningkatnya intensitas kebakaran. Jika kepadatan asap ini (smoke density) telah melewati ambang batas (threshold), maka rangkaian elektronik di dalamnya akan aktif, dan memicu alarm untuk bekerja. Alarm akan mengeluarkan bunyi dengan intensitas yang tinggi.

Jangan bayangkan suara dari alarm ini nyaman didengar. Justru sebaliknya, suara yang keluar dari alarm ini sangat bising dan memekakan telinga. Cukup wajar karena alarm kebakaran didesain untuk memperingatkan orang akan bahaya kebakaran.

Photoelectric smoke detectors


Salah satu kekurangan dari alarm ini adalah terlalu sensitif terhadap asap, sehingga bisa memberikan tanda bahaya ‘palsu’. Sebaiknya matikan alarm ini jika Anda ingin menyalakan lilin dengan jumlah cukup banyak pada suatu ruangan untuk merayakan pesta ulang tahun. Meskipun begitu, fire alarm system ini layak dipertimbangkan jika Anda mengutamakan keselamatan bagi keluarga Anda di dalam rumah. Stay safe!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar