Jumat, 21 Agustus 2015

Tips Mencegah Rumah dari Bahaya Kebakaran


Bencana kebakaran bisa menyerang kapan saja, terutama di musim kemarau saat ini. Angin yang kering disertai dengan cuaca yang panas dan terik akan membuat api semakin besar dan lebih sulit untuk dipadamkan.  Tidak hanya menghanguskan rumah dan barang berharga lainnya, bencana kebakaran pun bisa menimbulkan korban jiwa jika tidak diatasi segera.  Tentu kita seorang pun yang berharap rumah atau tempat tinggalnya menjadi puing-puing karena terbakar.

Berikut adalah beberapa tips singkat dalam mencegah dan mengatasi kebakaran:

Matikan kompor saat sedang tidak digunakan.

Kompor merupakan salah satu penyebab utama bencana kebakaran. Seringkali bencana kebakaran terjadi karena kompor yang lupa tidak dimatikan setelah selesai memasak. Penempatan kompor yang kurang ideal pun bisa menjadi pemicu kebakaran di dalam rumah. Tempatkan kompor di ruangan yang dekat dengan jendela agar gas yang keluar dari tabung gas bisa keluar rumah dengan leluasa. Hindari meletakkan barang – barang yang mudah terbakar disekitar kompor seperti kain, kertas, dan benda lainnya.


Gunakan stop kontak tidak secara berlebihan

Listrik sering kali disalahkan sebagai penyebab terjadinya bencana kebakaran. Periksa secara berkala kabel-kabel peralatan yang ada di dalam rumah. Perbaiki atau ganti kabel yang sudah mengelupas dengan kabel yang masih bagus kualitasnya. Gunakan stop kontak semestinya karena tiap-tiap stop kontak memiliki kapasitas watt yang berbeda.

fire extinguishers

Sediakan fire safety kit di dalam rumah

Langkah pencegahan yang tidak kalah penting lainnya adalah dengan menyediakan fire safety kit di dalam rumah. Alat ini bisa berupa fire extinguishers, yaitu alat pemadam kebakaran yang berupa tabung. Alat ini berisi Co2, Dry Chemical Powder, Foam AFFF (Aqueous Film Forming Foam), Inergen, Gas Pengganti Halon, dan lain sebagainya. Simpan di tempat yang cukup aman dan mudah dijangkau.


Bencana kebakaran memang tidak diinginkan kehadirannya. Namun demikian, tindakan pencegahan merupakan langkah penting dalam melindungi harta benda dan keluarga kita dari kobaran api. Stay safe!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar