Selasa, 17 Maret 2015

Karakteristik Rumah Minimalis





Karakteristik Rumah Minimalis - Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar istilah rumah minimalis? Rumah dengan ukuran dan kamar yang kecil ? Atau rumah dengan sedikit perabotan? Pada hakekatnya, rumah minimalis menekankan pada bentuk, layout, dan fungsi dari sebuah ruangan. Tag ‘less is more’ merupakan salah satu unsur utama dalam arsitektur rumah minimalis. Berikut adalah beberapa karakteristik rumah minimalis:

Arsitektur:
Rumah minimalis memiliki arsitektur yang simple dan bersih. Penggunaan sekat atau dinding antar ruangan sangat dibatasi sehingga memberi kesan ruangan yang luas dan lapang, kecuali untuk kamar tidur dan kamar mandi. Seolah – olah tidak ada yang disembunyikan dalam rumah minimalis.

Dinding:
Dinding didominasi dengan cat warna putih. Seperti yang kita tahu, warna putih menciptakan kesan ruangan yang bersih, sehingga cocok digunakan dengan desain arsitektur rumah tersebut. Selain warna putih, warna yang biasa digunakan pada rumah minimalis adalah warna lembut seperti abu-abu gelap, krem, maupun warna cokelat. Dinding bersih dari segala macam dekorasi kecuali satu dua saja. 



Jendela:
Jendela adalah salah satu elemen utama dalam desain rumah minimalis. Jendela biasanya berukuran besar dan didominasi oleh kaca. Gorden yang digunakan juga sangat simple, tidak terlalu banyak motif. Penggunaan jendela dan kaca dimaksudkan untuk menangkap sebanyak mungkin cahaya ke dalam rumah tersebut. Pun begitu, penempatan jendela dirancang sedemikian rupa agar privacy penghuni rumah tetap terjaga.

Furniture:
Perabot yang sederhana, berbentuk geometris dan terbuat dari bahan-bahan alami, seperti meja kayu persegi merupakan ciri lainnya dari rumah minimalis. Perabot atau furniture yang rendah ke tanah menciptakan tampilan yang modern. Pilih perabot yang tidak memakan terlalu banyak ruang dan memang sesuai dengan peruntukannya. Sebagai contoh, seperti ruangan untuk beristirahat terdiri dari kursi sederhana dan bantal lantai besar atau tempat  tiduran yang duduk rendah ke tanah dengan surround kayu sederhana. Perabot besar yang besar tidak diperlukan.


Lantai:
Ciri berikutnya adalah lantai yang terlihat rapi dan selaras dengan desain keseluruhan rumah. Lantai bisa berupa lantai kayu dan batu mencerminkan suasana natural khas Jepang atau lantai keramik biasa berwarna terang polos yang khas rumah minimalis modern di perkotaan. Yang terpenting, lantai tersebut  mudah dalam perawatan dan mudah dibersihkan.


Itulah beberapa karakteristik rumah minimalis. Apakah rumah Anda termasuk rumah minimalis?

Baca juga mengenai memanfaatkan pemakaian lampu di rumah dengan tepat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar